Breaking News

Kabupaten Soppeng sebagai Kabupaten Terbanyak Meloloskan Desa Sadar hukum yakni 5 Desa


ZONA BUSER | SOPPENG-Peresmian Desa/ Kelurahan Sadar Hukum, serta Penerimaan Penghargaan Anubhawa Sasana Desa Provinsi Sulawesi Selatan oleh Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Has Asasi Manusia Sulawesi Selatan di Claro Hotel Makassar (14/6/24)


Laporan panitia pelaksana kegiatan, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Sulawesi Selatan, Drs.Liberty Sitinjak, MM., M.Si menyampaikan acara Penyerahan penghargaan Anubhawa Sasana Desa Kelurahan ini telah dinantikan oleh masyarakat Sulawesi Selatan karena dengan bertambahnya jumlah desa kelurahan yang sadar hukum, dari 48, tahun ini bertambah 33 menjadi 81 desa/ kelurahan sadar hukum tentunya menjadi kebanggaan Sulawesi Selatan. Mencerminkan masyarakat yg tertib dan berbudaya. Keberadaannya merupakan peran bersama antar provinsi kabupaten dengan seluruh masyakarat. 


Acara ini akan memberikan penghargaan kepada Gubernur, Bupati, Camat,  Desa/ kelurahan sadar hukum yang telah memenuhi kriteria dan telah menjadi teladan dari desa kelurahan lainnya. Ada 8 Kabupaten yang akan menerima penghargaan tahun ini. 


Sambutan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI, Prof. Yassona H.Laoly, SH.,M.Sc.,Ph.D menyampaikan ucapan terima kasih kepada Walikota Makassar atas pelaksanaan kegiatan penghargaan Anubhawa Sasana Desa/ Kelurahan Provinsi Sulawesi Selatan.


Saya berharap kepada desa/ kelurahan yang telah menerima penghargaan dapat mempertahankan masyarakatnya sebagai desa sadar hukum dan bersikap yang sadar hukum dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi desa/ kelurahan lain dalam mewujudkan kesadaran hukum masyarakatnya. Dan bagi desa/ kelurahan yang belum menerima penghargaan agar terus memperbanyak kelompok sadar hukum diwilayahnya. Sehingga memenuhi kriteria untuk menerima penghargaan Anubhawa Sasana dimasa yang akan datang.

Tingkat kesadaran hukum masyarakat sangat berkaitan erat dengan kemajuan suatu bangsa, Semakin tinggi kesadaran hukum masyarakat semakin tinggi pula kemajuan masyarakatnya. 


Mewakili Bupati Soppeng, Ir.H.Lutfi Halide, MP, Wakil Bupati Soppeng menyampaikan rasa syukur atas Penganugerahan Penghargaan Anubhawa Sasana Desa/Kelurahan Sadar Hukum oleh Menteri Hukum dan HAM  RI sebagai apresiasi atas kinerja dan pemenuhan standar bagi Desa Sadar hukum. Pada Penilaian tahun ini, Kabupaten Soppeng  sebagai Kabupaten terbanyak meloloskan desa sadar hukum yakni 5 desa.Capain ini perlu dipertahankan dan ditingkatkan di masa yang akan datang sehingga menjadi harapan Pemerintah Daerah bahwa 70 Desa/Kelurahan di Kabupaten Soppeng dapat meraih penghargaan tersebut.


Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kabag Hukum, Camat Lilirilau , Camat Donri-Donri, Camat Lalabata, Camat Ganra, Camat Liliriaja, lurah dan kepala desa penerima penghargaan, diantaranya, desa Belo, desa Kebo, Desa Leworeng, desa Timusu, desa Mattabulu.

© Copyright 2022 - ZONABUSER.ID | BERITA TERKINI HARI INI